Senin, 20 Juli 2015

Program Unggulan: SMART IN RAMADLAN (SIR) 2015

            SIR 2015 merupakan program unggulan Pusat Pengembangan Bahasa Asing Yayasan Khairul Falah yang diketuai oleh Abd. Muqit, salah satu staf pengajar di Yayasan Khairul Falah. SIR telah berjalan 2 tahun. Tahun ini merupakan tahun kedua dilaksanakannya program tersebut. Asal mula munculnya program tersebut adalah ketika ketua merasa gusar mengamati perkembangan bahasa asing (Arab dan Inggris) di Yayasan Khairul Falah. Pengetahuan dan keterampilan anak didik terhadap kedua bahasa asing tersebut sangatlah lemah. Padahal bagi Mr. Qit (begitulah dulu Ia disapa) sangat penting keterampilan bahasa asing dikuasai oleh anak didik sebagai bekal dan tambahan wawasan serta pengalaman bagi mereka. Bahkan untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi Strata 2, kemampuan berbahasa asing sangat diperlukan. Karenaya, Ia sangat bersemangat untuk tetap melanjutkan program SIR yang diprakarsainya sejak 2014. Harapannya, kelak SIR akan menjadi wahana belajar yang berkualitas dan mampu mencetak peserta yang mahir berbahasa Arab dan Inggris.
            
          Muhadatsah/Conversation, kemudian pukul 09.20-10.50 (Jam II) diisi dengan materi muthala’ah/reading (penguatan terhadap pemahaman dan pengucapan), dilanjutkan mukalamah/chatting pukul 10.50-11.40. Setelah itu berjama’ah Dzuhur. Kemudian kegiatan kursus dilanjutkan setelah shalat berjama’ah Ashar (Jam III) dengan pemahaman materi Qowaid/Grammar dan berakhir pukul 16.40. begitulah setiap hari peserta didik mengikuti kegiatan kursus intensif bertajuk SIR 2015. Selama sehari penuh peserta diwajibkan berbahasa asing dengan peserta lainnya. Jika melanggar maka akan mendapat sanksi yang sepadan dengan bobot pelanggarannya. Tidak hanya begitu, tetapi peserta juga diikat dengan peraturan yang dibuat dan disosialisasikan dengan konsekuensi jika melanggar pasal yang berat maka akan diberhentikan sebagai peserta secara langsung.
               Seperti biasa kegiatan SIR dilaksanakan saat puasa memasuki hari ke-3. Secara serentak peserta kemudian mengikuti kegiatan kursus intensif mulai pukul 07.30-09.00 (Jam I) diisi dengan materi

            Fasilitator sekaligus sebagai tutor pada kegiatan SIR 2015 antara lain: Ust. Abd. Muqit (Mudir ‘Am li Markaz Tadris al-Lughah al-Arabiyah), Ust. Herliyanto (santri Annuqayah Latee), Ust. Moh. Ramli Zayyadi, dan Ustadzah Kinnatur Rahmah (di bidang bahasa Arab). Di bidang bahasa inggris: Miss Nafisah (Leader of ELC of Khairul Falah), Miss Ika Wulandari dan Miss Hamsiyatur Rahmah.
             SIR 2015 membuka tiga kelas untuk masing-masing blok bahasa. Tiga kelas tersebut adalah Kelas Pemula (Mubtadi’) yang dibagi menjadi 2 Kelas  lagi, yaitu mubtadi’ lil Banin (putra) dan Lilbanat (putri) kemudian kelas Mutawassith (menengah). Sementara pada blok bahasa inggris terdapat Basic class, Pre Elementary class dan Elementary Class. Itu dilakukan karena peserta sangat membludak sehingga panitia harus mempertimbangkan kondusifitas dan efektifitas pembelajaran.
             
             Yang menjadikan program SIR sangat berkesan dari dulu adalah ketika tiga hari terakhir dilaksanakan lomba-lomba pengasah keterampilan berbahasa yaitu tanggal 4-6 Juli 2015. SIR kali ini menyelenggarakan lomba ilqoul Qisshah/Story Telling, Qiraatus Syi’ril Araby/Reading Poem, al-Imathah/Smart Contest, dan al-Huttaf/Yell. Lomba tersebut berjalan sangat maksimal dan meriah. Lalu puncak dari program SIR 2015 adalah Haflatul Wada’/Farewell Party sebagai acara penutup dengan agenda penobatan peserta terbaik dari masing-masing mustawa/class, penyerahan hadian bagi pemenang lomba, dan yang paling dinanti pada malam penutupan tersebut adalah PENTAS SENI dengan tema “Bahasa adalah milik Kita.” Ada delapan Pentas Seni karya peserta kursus. Semuanya unik, menarik, dan memang sangat menghibur masyarakat atau pengunjung saat itu. Malam penutupan SIR 2015 dibuka dengan atraksi Gita Ria Band.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar