Rabu, 15 April 2015

UN 2015 Temui Masalah Pada Kaset Listening Soal Bahasa Inggris


     Tanggal 15 April 2015, Rabu adalah akhir dari pelaksanaan UN 2015. Sesuai jadwal UN 2015 dimulai pada tanggal 13 April dan berakhir pada 15 April, jadi pelaksanaannya hanya tiga hari. Meskipun dilaksanakan secara singkat yakni 3 hari, ini tidak mengurangi kualitas pelaksanaan UN yang selama ini dikenal ujian yang menegangkan. Tapi ini dulu, sekarang UN sudah tidak lagi membuat siswa tegang, takut dan khawatir lantaran UN kali ini bukan murni sebagai penentu kelulusan siswa.

     UN 2015 yang dilaksanakan di MA Khairul Falah dan barangkali di sekolah lain berjalan tidak terlalu sukses karena ada masalah fatal pada hari akhir pelaksanaannya yaitu pada mata pelajaran Bahasa Inggris yang soal listening-nya tidak cocok dengan konteks soal yang ada di lembar soal UN. Hal tersebut membuat semua elemen kebingungan bagaimana tindakan selanjutnya untuk mengatasi masalah tersebut. Setelah berkomunikasi dengan beberapa pihak dan KKM/sekolah induk, pengawas akhirnya mengumumkan bahwa soal listening jangan dijawab dan kolom ganda pada LJUN khusus soal listening jangan diisi.
     Masalah di atas sangat fatal mengingat kejadian yang sama tidak pernah terjadi dalam pelaksanaan UN sebelumnya. Masalah yang dihadapi adalah file mp3 yang ada dalam kaset CD/DVD itu tidak sesuai dengan soal dan pilihan jawaban di lembar soal UN. Hal ini pasti disesalkan oleh semua pihak terutama pemerintah dinas pendidikan selaku penyedia Soal UN dan LJUN.
   “Entah masalah ini muncul darimana, apakah kesalah teknis, human error atau terdapat oknum penyelenggara yang sengaja membackup file lama pada kaset CD/DVD UN 2015 yang tersebar. Kita tidak tahu, Kita pasrahkan masalah ini pada yang berwenang. Kebijakannya seperti apa, nanti Kita lihat hasilnya,” tanggapan Kepala MA, Abdulasit, saat ditanya tentang masalah di atas.

2 komentar:

  1. Kasus itu sama kyak dulu pak

    BalasHapus
  2. kasusnya sama sperti masa saya dulu itu pak tpi tenanglah jangan khawatir

    BalasHapus